Error 5200 Printer Canon Ip 2770

Posted by Gunandar Azikin

Printer Canon IP 2770 merupakan printer yang paling laku dipasaran, salah satu perangkat keras komputer Printer ini selain harganya yang ekonomis, kualias cetakan yang dihasilkannya cukup memuaskan. Sehingga printer ini selalu menjadi pilihan customer terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Namun seperti halnya seri printer canon sebelumnya, printer seri IP 2770 pun sering mengalami error, salah satunya adalah error 5200 pada saat akan memulai proses print. yang jumlah blinkingnya 8x orange dan 1x hijau.

Penyebab Error 5200 pada Printer Canon IP 2770
Error 5200 pada printer Canon Ip 2770 disebabkan karena Printer ini menggunakan catridge tipe PG810 untuk hitam, dan CL811 untuk catridge warnanya. Ternyata kedua catridge ini memiliki sensor tekanan temperatur. Dan apabila sensor tekanan temperatur mendeteksi salah satu catridge ternyata ada masalah, maka printer iP2770 akan memunculkan pesan error 5200. di layar monitor. Dan ternyata yang sering bermasalah adalah catridge warnanya CL811.

Indikasi Error 5200 pada Printer Canon IP 2770
Pada saat printer iP2770 dihidupkan, printer ini akan melakukan inisialisasi ditandai dengan berkedipnya led hijau sampai led hijau menyala penuh. Printer iP2770 ini kelihatan normal dengan menyalanya led hijau ini. Tapi pada saat dilakukan print test ataupun print dokumen, tiba-tiba printer berhenti dan muncul error 5200 di layar monitor kita. Dan printer akan mengalami blinking dengan orange 8x hijau 1x.

Cara Mengatasi Error 5200 pada Printer Canon IP 2770
Ada 2 cara untuk mengatasi masalah error 5200 pada printer canon IP 2770, anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan tingkat kemampuan anda :)

Cara Pertama :
Cara paling mudah tapi mengeluarkan banyak uang yaitu dengan mengganti catridge warna iP2770 yang error 5200 tersebut, maka masalah pun teratasi. :)

Cara Kedua :
  • Printer iP2770 dalam keadaan mati dengan kabel listrik terpasang.
  • Tekan tombol RESUME 2 detik dan tahan, kemudian tekan tombol POWER sampai led hijau nyala.
  • Kemudian lepas tombol RESUME, tapi jangan lepas tombol POWER.
  • Sambil tombol POWER masih tertekan, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange.
jangan sampai keliru hanya 4x tekan RESUME, karena printer akan mati total, tapi sifatnya sementara. Kalau hal ini terjadi, lepas kabel USB dan kabel listrik. Diamkan selama 2-4 jam, kemudian coba printer anda.
  • Lepaskan kedua tombol bersamaan.
  • Led hijau akan berkedip sebentar dan kemudian akan nyala penuh.
  • Dan Komputer akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja.
  • Tekan tombol POWER, maka printer akan mati.
  • Tekan lagi tombol POWER maka printer akan nyala dan iP2770 yang tadi error 5200 sudah siap digunakan kembali.

Nb : Cara mengatasi iP2770 error 5200 yang kami jelaskan, sifatnya sementara sampai listrik dicabut. Jadi kalau listrik tercabut maka iP2770 akan error 5200 lagi. Dan cara mengatasinya yaitu ulangi langkah diatas.

Semoga bermanfaat.

{ 3 comments... read them below or add one }

Software Islami Gratis mengatakan...

Assalamu Alaikum ,, :) thankz banget ,, sangat membantu ,, :) .. boleh nih ,, kapan kapan sharing sharing tentang IT

Gunandar Azikin mengatakan...

Waalaikum salam, alhamdulillah klo bermanfaat, selalu terbuka untuk selalu berbagi pengetahuan. :)

ardiantama mengatakan...

jadi kalau tidak muncul pesan diatas tersebut bagai mana pak

Posting Komentar