Banyak Alasan untuk Go - Blog

Posted by Gunandar Azikin

Banyak Alasan untuk Go-Blog - Berangkat dari sebuah pertanyaan sederhana dalam diri sendiri "Kenapa saya nge-Blog ?" dan pertanyaan ini coba saya munculkan pada salah satu grup blogger di Facebook, yg notabene para penghuni grup tersebut adalah blogger semua.

Ternyata diluar dugaan, banyak alasan untuk Go-Blog, entah mereka menjawabnya dengan serius atau hanya sekedar bercanda, namun jawaban-jawaban itu banyak menginspirasi saya. Beragamnya alasan yang muncul, saya secara subjektif menilai ini dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang serta tujuan yang ingin dicapai oleh masing-masing blogger.

Perbedaan tingkat pendidikan, status ekonomi, sosial budaya, bahkan status pernikahan turut andil dalam mempengaruhi alasan nge-blog. Mungkin dari beberapa blogger ini memang memiliki alasan yang kuat saat memulai aktifitas bloggingnya, dan mungkin ada juga beberapa blogger yang mengalami pergeseran orientasi dalam proses nge-blognya.

Dalam blog ini saya mencoba menulis ulang beberapa alasan mereka yang bisa jadi juga menjadi alasan kita untuk Go-Blog :

1. Blogging sebagai sebuah profesi
Nge-blog bisa menghasilkan duit, atau yang lebih dikenal dengan istilah Blog Monetizing. Menurut saya alasan inilah yang paling banyak mempengaruhi orang untuk menjadi seorang blogger, baik itu blogger yang part time maupun full time. Salah satu blogger yang aktif di dunia blogging dengan alasan ini adalah Pria Romantis dengan tegas beliau menyebutkan bahwa blogger adalah profesinya, dan blogging telah mengalihkan pandangannya dari dunia nyata. ^_^
Namun untuk menghasilkan duit dari profesi blogging bukanlah sebuah perkara yang mudah, dibutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup sehingga blogger mampu me-monetize blog nya. Salah satunya adalah Rahmah Usman kemampuannya dalam menulis baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa bule' telah mengantarkannya menjadi seorang blogger yang berhasil me-monetize blog nya. Semoga sayapun bisa ikut sukses mengikuti jejak mereka. ^_^

2. Sebagai Hobby dan Pengisi Waktu Luang
Rendra Satria dan uak sena adalah blogger yang memiliki hobby dan mengisi waktu luangnya dengan nge-blog. Bagi kita yang senang menulis ataupun mengutak-atik script HTML menjadi seorang blogger adalah salah satu solusinya. Dengan menjadi seorang blogger kita bisa menyalurkan hobby menulis di setiap halaman blog kita. Begitu pula yg hobby mengutak-atik script, bagaimana mendesign sebuah template yg unik serta bisa memposisikan blog kita di peringkat pertama mesin pencari seperti GOOGLE adalah sebuah tantangan yang seru untuk mengisi waktu luang. Ini pula yang menjadi alasan Nack Lallodh Nya Istiqamah untuk menjadi seorang blogger.

3. Sarana Bergaul dan Mengikuti Trend Agar Tidak Kelihatan Gaptek
Peningkatan signifikan pengguna internet di Indonesia, berimbas pada meningkatnya trend nge-blog di masyarakat. Nah, bagi Muhammad Taufan, Ilham Halimsyah, Irfan Maulana Ago, Yhudi Yuba, dan Ichsan Jufri yang selalu mengikuti perkembangan zaman, memiliki blog adalah sebuah syarat mutlak yang harus dipenuhi.
Blogging merupakan salah satu sosial media, dimana kita bisa berinteraksi dan bertukar-pikiran dengan sesama tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. salah satu kelebihan yang dimiliki blog dibandingkan media lainnya adalah, kemampuan blog untuk menyajikan komunikasi interaktif (dua arah) antara penulis dan pembaca. Sehingga setiap tulisan yang dipublish lewat blog sudah menjadi milik publik dan setiap pembaca berhak untuk memberikan komentar.

4. Cita-cita Sejak Kecil (Manji Lala, 2011)
Alasan ini yang diluar dugaan saya. Ternyata menjadi seorang blogger telah menjadi cita-cita sejak kecil rekan Manji Lala. Saya tidak tahu, apakah memang beliau sudah mengenal dunia blogging sejak kecil ataukah beliau masih kecil sekarang. hehehehehe.... Biarlah beliau sendiri yang menjawabnya.

Ini hanyalah sebagian kecil alasan kita untuk Go-Blog, masih banyak alasan lain diluar sana yang dapat melatarbelakangi kita untuk terjun di dunia blogging.

Nah, Sudahkah anda Go-Blog ????

Semoga Bermanfaat.

NB : Ada 1 komentar dalam status di FB tersebut yang tidak saya publish dalam tulisan ini, melihat komentar tersebut bukanlah sebuah alasan.

{ 4 comments... read them below or add one }

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Nice kanda :D
Semoga semangat positif itu tetap terjaga

manjilala mengatakan...

Ya sekedar motivasi buat aktivis blogger maros, mungkin suatu hari kita juga masuk ke anak Sekolah dasar, bukan cuma di SMA, biar mereka punya cita2 alternative selain, Dokter, insinyur, pilot, guru atau presiden, apalagi kepala desa. heheheheh.......

elj mengatakan...

jadi masuk dikriteria mana saya bro... nda ada namana ansari kuliat.....

Gunandar Azikin mengatakan...

@rahmah : thanks, semoga tetap semangat dan trus semangat. ^_^
@manjilala : Nice motivation, sekaligus alasan yg bagus... hehehehe
@Elj : Kusandingkan engkau bersama opan taufan, karena memiliki persamaan. hehehehe...

Posting Komentar