Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Posted by Gunandar Azikin

Bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan – Akh, Masa sih ?? Banyak kok, objek wisata lain di Sulawesi Selatan yang tidak kalah menariknya dibandingkan Bantimurung. Apasih kelebihan Bantimurung dibandingkan objek wisata lainnya yang ada di Sulawesi Selatan ?
Hhhmmm, Menarik kita bahas. Untuk menyandang predikat Objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan, Bantimurung haruslah memiliki ke-khasan yang menjadi innerbeauty sehingga mampu menggelitik rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung kesana.

Letak Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan


Secara geografis objek wisata bantimurung terletak di Jalan Poros Maros-Bone Kecamatan Bantimurung Kab. Maros Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 45 km dari ibukota provensi Sul-sel (makassar) yang bisa ditempuh sekitar 60 menit dengan menggunakan transportasi darat. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari ibukota provinsi serta didukung oleh akses jalan yang sudah mengalami pengerasan dan aspal menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki Bantimurung.

Daya Tarik Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan


Ini yang menarik untuk dibahas, seru-an mana ke Bantimurung atau ke Mall ??? Lah kok Mall sih perbandingannya….
  • Air Terjun
Air Terjun Bantimurung dengan lintasan air berupa batuan yang lebar, bergelombang, halus dan indah, tempat dimana sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu. Tidak seperti kebanyakan air terjun lain yang membuat palung yang dalam di tempat jatuhnya air, maka Air Terjun Bantimurung yang tingginya 30 meter ini tidak menciptakan palung. Selain karena dasarnya berupa bebatuan keras yang luas, juga karena kontur landai batuan yang menjadi rambatan air terjunnya yang tampaknya mengurangi daya hantam Air Terjun Bantimurung.
Karenanya, dasar Air Terjun Bantimurung merupakan tempat yang sangat digemari para pengunjung untuk merasakan pijatan air terjun yang sejuk dan jernih serta duduk-duduk sambil bercanda dengan teman di sepanjang bebatuan yang datar dan nyaman ditengah deru suara air terjun yang ritmis.
  • Wisata Gua
Bantimurung yang terletak dalam barisan pegunungan Bulusaraung, memiliki 2 gua yaitu gua batu dan gua mimpi. Gua batu letaknya di atas air terjun bantimurung, berjarak sekitar 1 km yang ditempuh sekitar 30 menit dengan berjalan kaki.
Jalan yang berliku, menanjak, mendatar, menurun, dan sedikit licin menantang adrenalin untuk sampai di mulut gua. Gua dengan panjang sekitar 800m ini memiliki stalaktit dan stalaknit yang menjulur dari atas gua. Termasuk gua yang cukup panjang dan menyeramkan…. ^_^. Tapi jangan khawatir di mulut gua sudah ada pemandu yang siap mengantar anda menelusuri gua ini yang tentunya dilengkapi dengan alat penerangan (senter, lampu petromak).
Tetesan stalaktit dan stalaknit yang telah terjadi selama ribuan tahun ini ternyata membentuk sebuah mahakarya indah. Di gua ini Tuhan kembali menunjukkan Ke-Maha Besaran-Nya dengan terciptanya stalaktit dan stalaknit menyerupai ayam jago, kucing, muka bayi, dan ada juga yang berbentuk alat kelamin manusia ^_^
  • The Kingdom of Butterfly
Julukan ini diberikan oleh Alfred Russel Wallace (1823-1913) seorang peneliti warga kenegaraan inggris yang menghabiskan hidupnya dengan meneliti endemik kupu-kupu di kawasan ini. Julukan ini sepertinya tidak berlebihan melihat ratusan endemik kupu-kupu yang terdapat di kawasan ini, diantaranya : Catapsilia pamona flava, Anartia sp, Calastrina sp, Danis sp, Papilio, dan Vindula arsinoe.

Fasilitas Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan


Selain memamerkan keindahan alamnya, Objek Wisata Bantimurung juga memanjakan pengunjungnya dengan berbagai fasilitas yang modern. Dengan pengelolaan yang profesional, fasiltas yang ada di bantimurung :
  • Wisma dan penginapan
Bagi anda yang juga ingin menikmati suasana malam di Bantimurung bersama keluarga atau teman, jangan kuatir di kawasan ini sudah terdapat wisma dan penginapan untuk memenuhi keinginan anda.
  • Aula
Aula ini diperuntukkan bagi pengunjung yang datang secara berkelompok dan ingin memiliki privacy terpisah dari pengunjung lainnya.
  • Restoran
Menghabiskan waktu seharian di bantimurung tentunya membuat perut menjadi lapar. Nah bagi anda yang tidak mempersiapkan bekal makanan tidak perlu khawatir karena dikawasan ini juga terdapat restoran dengan menu yang beragam.
  • Kolam Renang dan Water Boom

Sebagai wisata air, di Bantimurung juga dibangun kolam renang dan water boom, ini diperuntukkan bagi pengunjung yang menginginkan suasana lebih modern dan tentunya tidak melupakan kesan alami sebagai ciri khasnya.

  • Toko Cinderamata
Nah, tidaklah lengkap bila anda berkunjung ke kawasan ini tanpa membawa cinderamata sebagai ole’-ole’, dikawasan ini juga sudah tersedia toko aneka cinderamata pernak-pernik khas bantimurung. Diantaranya cinderamata kupu-kupu seperti ini.
  • Lahan Parkir yang Luas
Dengan pengunjung mencapai ribuan setiap pekannya, pengelolaan lahan parkir tentunya menjadi sangat penting. Nah dikawasan ini sudah disediakan lahan parkir yg luas dan dengan pengelolaan yang profesional sehingga anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan anda.

Biaya Berwisata di Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan


Ternyata untuk menikmati segala keindahan alam yang terdapat di objek wisata Bantimurung tidak memerlukan biaya yang mahal. Harga ticket masuk yang hanya Rp. 10.000,-/orang cukup murah dengan segala panorama yang ada di dalamnya. Tentunya harga ini belum termasuk apabila anda menggunakan fasilitas tambahan.
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba semi-SEO oleh Komunitas Blogger Maros.

{ 5 comments... read them below or add one }

IHSYAH mengatakan...

Ayo ke Bantimurung!!

Gunandar Azikin mengatakan...

Bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan

Sandy Doank mengatakan...

wuih.......perfect gan.....

indostartv mengatakan...

keren gan......btw bagi yang mau liat acara tv kabel secara gratis mampir ya gan...

Sisil mengatakan...

Taman prasejarah leang-leang jg eksotis kok...

Posting Komentar