Tips Print dengan Kuantitas Banyak

Posted by Gunandar Azikin

Tips Print dengan Kuantitas Banyak - Saat tulisan ini dibuat, saya ditemani dengan opan topan menghabiskan malam dengan mencetak ratusan lembar berwarna. Bermodalkan Printer Canon Ip 2770 yang sudah dimodifikasi dengan penambahan tinta infus, setahap demi setahap cetakan ini coba diselesaikan.

Printer IP 2770, dengan kecepatan cetak 7 ipm (image per minute) tergolong tipe printer yang cepat dalam menyelesaikan tugasnya, namun dibalik kecepatannya printer jenis ini termasuk printer yang rewel apabila melakukan tugas-tugas berat semacam ini. Salah satu kelemahan printer canon yang paling menonjol adalah catridge yang mudah panas sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

Olehnya itu diperlukan beberapa teknik dari operator printer, agar printer dapat lebih awet dan tahan lama, terutama saat mengerjakan tugas-tugas berat seperti ini.

1. Lakukan Perintah Cetak Secara Bertahap


Yang saya maksudkan disini adalah dalam satu perintah cetak, cukup 10-20 lembar saja, jangan langsung mencetak ratusan lembar dalam satu perintah. Lakukan secara bertahap sampai pekerjaan kita selesai.

2. Berikan Waktu Jeda Bagi Printer Untuk Mendinginkan Head Printer dan Sensor Gear


Seperti halnya manusia saat bekerja, apabila melakukan tugas yang berat maka diperlukan waktu jeda untuk memulihkan dan mengembalikan tenaga. Hal yang sama juga berlaku untuk printer, cetakan yang terus menerus dan tanpa henti dapat menyebabkan head catridge menjadi panas, apabila hal ini dibiarkan dapat terjadi over heat yang menyebabkan kerusakan pada catridge. Olehnya itu berikan waktu jeda 5-10 menit bagi printer apabila telah mencetak 100-150 lembar.

3. Jangan Menaruh kertas terlalu banyak di Tatakan Tempat Kertas Printer


Saat ingin mencetak dengan kuantitas banyak, kita biasanya langsung menaruh kertas banyak pada tatakan tempat kertas printer. hati-hati melakukan hal ini. Jumlah kertas yang terlalu banyak, menyebabkan beban yang ditanggung gear penahan kertas terlalu berat. Hal ini dapat menyebabkan patahnya gear tersebut karena tidak mampu menahan beban yang berat. Apabila gear tersebut sampai patah maka sensor penarik kertas tidak dapat menarik kertas dengan benar, dan kertas yang ditarik kadang terlipat.

Tips Print dengan Kuantitas Banyak ini juga berlaku untuk printer-printer jenis lain seperti epson dan hp.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis, hanya sekedar berbagi pengalaman.

Semoga Bermanfaat.

{ 16 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Tipsnya sangat bermanfaat, aku sering mencetak undangan full colour dalam jumlah banyak sampai 24 jam non stop pake IP2770, printer gak pernah rewel, asal ikut aja tips diatas gan (recomended tips)

Anonim mengatakan...

misi gan mau nanya, kalau bukan pakai infus kira" iP2770 bisa cetak berapa lembar kalau warna maupun hitam? saya mau hitung biayanya krn buat rental ngeprint

Unknown mengatakan...

mantabs gan

Unknown mengatakan...

mantab mantab, makasih share nya . .

sr reloadpulsa mengatakan...

klo cetak undangan dg printer ip2770 ini, kertas yg cocok untuk undangan pakai kertas apa ya bos" di sini..?? trims byk.
mff pemula.

Unknown mengatakan...

Bermanfaat sekali, thankyouuuu kakak

author mengatakan...

Betul apa yang anda katakan, saya pun menggunakan printer ip 2770 dengan system infus, jika diperhatikan mata cartrige sampai mengeluarkan asap ( keadaan head terbuka dengan disangga tombolnya). Jadi dibutuhkan waktu jeda, saya biasanya mengambil sekitar 30 menit setelah mencetak sekitar 20 lembar, just for safety.

Unknown mengatakan...

Kalo untuk mencetak 2500 lembar dibutuhkan waktu istirahat brp ya, dan saran untuk brp lembar + waktu istrahatnya.. ada banyak ini eg 😂

Selamat Datang di Blog Kiki Abdul Baqi mengatakan...

gan adakah solusi supaya si user bisa kita limit dalam proses sekali print misal user hanya bisa print max 5 Lembar...

mohon bantuannya gan...
terimakasih

Anonim mengatakan...

Ga cocok mas kalo buat rental print mnimal harus ada tabung tintanya soal'a busah di dalam cartridge gabisa di prediksi klo udh di refil

Khoirul Amin mengatakan...

Kalo pake epson L3110 maksimal cetak brp lembar seharinya??

zeffaziz mengatakan...

saya pernah cetak 1000 lembar per hari pake L3110 :D

ze mengatakan...

Apakah 1000 lembar itu blok full colour ?

Apriyanto mengatakan...

Lakukan Perintah Cetak Secara Bertahap

ini ada settingan di komputer / manual?

PT YANI SUMBER PANGAN mengatakan...

Click

Anonim mengatakan...

Apakah ngeprint sehari 150 lembar black only wajar dengan printer hp tapi ngeprint lambat

Posting Komentar